nusakini.com--Madura United menekuk Barito Putera 1-0  pada pekan ke-17Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Madura Sabtu (27/8). Gol tunggal kemenangan Madura United dicetak Elthon Maran pada menit ke-84

Tambahan tiga angka ini membuat klub berjulukan Sape Kerrab ini mengoleksi 37 poin sekaligus mengukuhkan diri jadi juara putaran pertama. Madura United meninggalkan Arema Cronus yang ada di peringkat kedua, dengan selisih lima poin.

Kendati sepanjang babak pertama mendominasi jalannya permainan dan tetap memperlihatkan agresivitas, kubu tuan rumah tidak langsung menggebrak dan cenderung memulai pertandingan dalam tempo sedang.

Irama permainan itu berlangsung selama 45 menit babak pertama. Meski tercatat beberapa kali mendapatkan peluang, tidak ada satu gol pun yang berhasil diceploskan tim tuan rumah. 

Pablo Rodriguez, yang jadi ujung tombak, sempat berhadapan dengan Aditya Harlan, namun tembakan pemain asal Spanyol itu tidak akurat.

Begitu pula dengan upaya tim tamu, yang tidak membuahkan hasil. Skor 0-0 menutup babak pertama. 

Di babak kedua, intensitas serangan Madura United makin turun. Meski, pelatih Gomes de Oliveira menarik Ahmad Maulana Putra yang cenderung bertahan dan memasukkan Dane Milovanovic yang lebih agresif. 

Namun, hingga 35 babak kedua berjalan, peluang lebih banyak dimiliki Barito Putera. Tercatat, klub berjulukan Laskar Antasari itu mendapat peluang lewat Rizky Pora dan Ibrahim Conteh. Hanya, ketidakuratan tembakan keduanya membuat peluang itu gagal dimanfaatkan jadi gol. 

Memasuki menit ke-80, pertandingan terhenti beberapa kali akibat pemain cedera di kedua tim. Tidak ingin mengecewakan suporter yang terus memberikan dukungan, Madura United bangkit.

Dalam satu serangan, umpan Erick Weeks dari sisi kanan Aditya Harlan disambut sundulan Elthon Maran yang lepas dari penjagaan. Aditya yang sudah mati langkah, tak mampu mengamankan bola tandukan itu. Jala gawangnya Barito pun bergetar pada menit k-84, skor 1-0 untuk Madura United. (b/ab)